Endorfin Si Hormon Kebahagiaan Menurunkan Darah Tinggi

Anda mau hidup lebih sehat & Awet muda..??
Perbanyaklah tersenyum & tertawa.... Tetapi jangan sampai berlebihan ya.........he..he..he...
Perlu diketahui bahwa hanya dengan satu menit tertawa, kamu akan memperoleh manfaat yang sama dengan 45 menit berolahraga mengeluarkan keringat. Tertawa alami, tertawa disengaja, atau dipaksa tertawa juga mempunyai efek yang sama.

Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan, tertawa itu akan memberikan efek yang luar biasa. Beberapa diantaranya adalah :

  • Melancarkan aliran darah,
  • Mengurangi resiko penyakit jantung,
  • Meningkatkan daya tahan tubuh,
  • Menghasilkan hormon endorfin sebagai obat penenang alami,
  • Memijat paru-paru dan jantung, menurunkan stres,
  • Meningkatkan kadar oksigen (O2) dalam darah,
  • Mengkontraksikan 80 titik saraf,
  • Melemaskan otot-otot,
  • Meringankan konstipasi,
  • dan menurunkan tekanan darah.
HORMON ENDORFIN SI HORMON KEBAHAGIAAN

Hormon Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorfin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia(tertawat) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.

Selama ini endorphin sudah dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya adalah, mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Endhorpine sebenarnya merupakan gabungan dari endogenous dan morphine, zat yang merupakan unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia.

Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan, seperti pernapasan yang dalam,  relaksasi, serta meditasi.

Karena endorphine diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik.

Seorang ahli kebidanan, Constance Palinsky, tergerak untuk menggunakan endorphine untuk mengurangi atau meringankan rasa sakit pada ibu yang akan melahirkan. Beta endorphin adalah salah satu hormon endorphin yang dikeluarkan oleh otak pada saat stres atau sakit, dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang setara seperti pethidine.

Mari kita semua selalu merasa senang dan tersenyum, dan jangan lupa istirahat yang cukup.
Baca juga profil wanita muda cantik segudang prestasi :

0 Response to "Endorfin Si Hormon Kebahagiaan Menurunkan Darah Tinggi"

Posting Komentar